Tips Memilih Benih Kelapa Sawit

Apakah Anda berencana ingin membuat sebuah perkebunan kelapa sawit yang sangat luas? Maka Anda perlu untuk membeli benih atau bibitnya sebab tidak ada pohon yang tumbuh begitu saja tanpa benih. Namun carilah segel benih kelapa sawit yang benar-benar terpercaya dan dikeluarkan resmi oleh produsennya. Jangan hanya sekedar membeli benih tanpa segel karena tidak adanya segel ini justru menunjukkan bahwa benih kemungkinan palsu.

Segel Benih Kelapa Sawit Membuktikan Kualitas Isi Benihnya

Cobalah lihat dalam kehidupan sehari-hari Anda. Hanya membeli air mineral dari toko dalam kemasan botol saja, Anda tentu akan memilih botol yang memiliki segel baik itu segel plastik merknya maupun segel untuk mengunci botolnya. Anda tidak mungkin memilih air mineral yang segelnya sudah rusak atau sudah dibuka sebelumnya. Hal yang sama juga Anda lakukan untuk segel benih kelapa sawit karena benih inilah yang nantinya Anda tanam sepenuh hati dalam jangka yang lama. Menanam benih bukan hanya dalam waktu sehari jadi dan kemudian pohon kelapa sawit bernilai tinggi untuk diolah menjadi minyak goreng akan muncul. Butuh waktu bertahun-tahun bahkan belasan tahun untuk bisa kemudian menikmati hasilnya. Jika Anda sejak awal sudah menanam benih yang palsu, maka hasilnya tentu tidak baik. Meskipun menghasilkan buah kelapa sawit, namun kualitasnya bisa saja buruk. Karena itulah sejak awal, seseorang harus membeli benih yang telah memiliki segel. Meskipun isinya memang yang paling penting, namun segel benih kelapa sawit akan menunjukkan kualitas produk yang ada di dalamnya. Dengan segel yang masih utuh dan terlindungi, maka Anda bisa yakin bahwa perusahaan benih atau produsennya benar-benar menunjukkan tanggung jawab yang sangat tinggi pada produk yang mereka jual. Jika segelnya tidak ada atau segelnya sudah tidak layak lagi, maka sebaiknya jangan dipilih dan cari kembali benih yang lain sebab pasti ada banyak.

Cara Memilih Segel Benih Kelapa Sawit

Segel benih kelapa sawit akan menunjukkan bahwa semuanya memang telah melalui proses yang baik sebelum akhirnya disampaikan pada konsumen. Artinya barang sebelum disegel tentu akan diperiksa lebih dulu dan melalui uji lulus yang terpercaya. Ini semua penting karena menunjukkan keseriusan dari produsen. Tentu tidak semua benih kelapa sawit itu yang terbaik. Ada kalanya benih mungkin ada sebagian yang telah rusak, ukurannya berbeda maupun memiliki noda atau kotoran.

Tetapi, ketika semuanya disegel rapi, artinya benih di dalamnya sudah yang terbaik dan inilah cara memilih benih yang tersegel rapi di dalamnya sebagai berikut:

  • Cobalah lihat apakah segel benih tersebut sama semua dari satu perusahaan atau ada yang lain-lain karena jika ada segel yang berbeda, seringkali jenis benihnya beda. Selain itu, melihat segel yang sama dari perusahaan tertentu meyakinkan konsumen bahwa yang mereka beli ini asli dan tidak palsu sebab segel yang berbeda menunjukkan ketidakaslian.
  • Perhatikan apakah segel itu rapat, kedap udara dan juga tidak mudah rusak karena jika segel mudah rusak dan terlalu mudah untuk dibuka, kemungkinan segel itu sudah pernah dibuka dan akhirnya ditutup kembali. Bisa jadi di dalamnya telah dicampur benih yang tidak unggul.
  • Perhatikan apakah segel memiliki stempel perusahaan maupun sesuatu yang menunjukan keterangan perusahaannya sehingga tidak hanya sekedar plastik atau pembungkus biasa. Ini akan membuktikan bahwa memang benar segel tersebut dibuat oleh perusahaan mereka.

Bagi Anda yang pemula, memang cukup sulit untuk menemukan segel benih kelapa sawit yang benar dan sudah pasti terpercaya sebab Anda bisa jadi tidak mengenal perusahaannya. Namun dengan membeli di tempat penjualan benih yang terpercaya, maka besar kemungkinan benih yang Anda peroleh adalah benih yang asli dan tidak ada campuran apapun maupun oplosan yang akan merugikan mereka yang membelinya untuk keperluan komersil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *